Friday, January 17, 2014

Pancasila sebagai Ideologi

A. Pengertian Ideologi
    Istilah Ideologi berasal dari kata idea dan logos. idea berarti gagsan, konsep, penngertian dasar, ide-ide dasar, cita-cita. kata idea berasal dari bahsa Yunani, eidos yang berarti bentuk atau idein yang berarti melihat, dan dapat diartikan sebagai cita-cita, yaitu cita-cita yang bersifat tetap dan akan dicapai dalam kehidupan nyata.sedangkan logos berarti ilmu. secara harfiah ideologi berarti ilmu pengetahuan tentang ide-ide (the science of ideas) atau ajaran tentang pengertian-pengertian dasar.
    Ideologi merupakan serangkaian pemikiran yang berkaitan dengan tertib sosial dan politik yang ada dan berupaya untuk merubah atau mempertahankan tertib sosial dan politik yang bersangkutan. selain itu ideologi merupakan serangkaian pemikian yang dapat mempersatukan manusia, kelompok, atau masyarakat yang selanjutnya diarahkan pada terwujudnya partisipasi secara efektif dalam kehidupan sosial politik.
B. Ideologi Pancasila
    Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup sekaligus juga merupakan ideologi negara. Pancasila merupakan gagsan dasar yang berkenaan dengan kehidupan negara, sebagaimana ideologi memiliki konsep mengenai wujud masyarakat yang dicita-citakan, begitu juga dengan ideologi pancasila  yang mencita-citakan masyarakat yang dijiwai dan mencerminkan nilai-nilai dasar yang terkandung didalam pancasila, yaitu masyarakat yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan serta bertoleransi, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, masyarakat yang bersatu dalam perbedaan, berkedaulatan rakyat dengan mengutamakan musyawarah serta masyarakat yang berkeadilan sosial. Pancasila juga memberikan gambaran mengenai wujud masyarakat tertentu yang diinginkan serta prinsip-prinsip dasar yang harus diperjuangkan.
        Pancasila sebagai ideologi negara membawakan nilai-nilai tertentu yang digali dari realitas sosio budaya bangsa Indonesia. Oleh karena itu, maka ideologi pancasila membawakan kekhasan tertentu yang membedakannya dengan ideologi lain yaitu keyakinan akan adanya Tuhan Yang Maha Esa, yang membawa konsekuensi keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Kemudian juga penghargaan akan harkat dan martabat kemanusiaan , yang diwujudkan dengan penghargaan terhadap hak asasi manusia dengan memperhatikan prinsip keseimbangan antara hak dan kewajiban. kekhususan yang lain adalah bahwa ideologi pancasila menjunjung tinggi persatuan bangsa dengan menempatkan terwujudnya persatuan bangsa itu diatas kepentingan pribadi kelompok atau golongan. Berikutnya adalah kehidupan bermasyarakat dan bernegara yang didasarkan pada prinsip demokrasi dengan penentuan keputusan bersama yang diupayakan sejauh mungkin melalui musyawarah untuk mencapai kata mufakat. satu hal llagi yaitu keinginan untuk mewujudkan keadilan dalam kehidupan bersama seluruh masyarakat Indonesia

0 comments:

Post a Comment

Translate

Total Pageviews

UANG CEPAT

PES 2014 - PS3

GTA IV CE/ MP3 CE [Online Game Code]

KELAS F PGSD UMK FFG

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Bluehost